6 Alasan Penting Mengapa Harus Memilih Pernikahan Syar'i

wedding syar'i
pernikahan islami


Pernikahan adalah sebuah hal yang di harapkan oleh banyak orang. Persiapan yang dilakukan bisa jadi sangat panjang dan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dalam menuju pernikahan banyak ilmu yang harus di kumpulkan, agar nantinya tidak keliru dalam membangun urmah tangga. Bukan hanya saat membangun rumah tangga, namun saat proses akad atau resepsi pun ada beberapa hal yang harus di perhatikan, apalagi bagi kita yang memilih pernikahan syar'i. Maka 6 Hal Penting Mengapa Harus Memilih Pernikahan Syar'i adalah hal yang harus di mengerti dahulu oleh banyak orang.

Ilmu merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan dalam berumah tangga, maka ada hal-hal yanag harus di ketahui mengapa kita harus memilih pernikahan dengan cara yang syar'i dan apa saja hal yang harus di persiapkan sebelum melaksanakan pernikahan secara syar'i ini.

Alasan mengapa harus melangsungkan pernikahan yang syar'i, yaitu:
1. Mengawali Dengan Yang Baik
Segala sesuatu yang baik harus di awali dengan yang baik pula, begitu juga dengan pernikahan. Dengan pernikahan yang di lakukan secara syar'i maka ini adalah langkah awal untuk menuju hal yang baik-baik. Kenapa pernikahan yang berlangsung syar'i di katakan baik? karena di dalam proses-proses pernikahan ini banyak hal yang di atur sesuai dengan aturan syari'at. Dan orang-orang yang memilih untuk melangsungkan pernikahan syar'i pun biasanya memiliki niat yang baik yaitu untuk mencari keridhaan Allah subhanahu wa ta'alaa. Dengan begini pernikahan bukan hanya sekedar tentang menjadi rumah tangga, namun juga bertujuan untuk bersama-sama memperbaiki diri dan bersama-sama dalam menggapai surga.

2. Tidak Menghamburkan Banyak Uang
Biasanya pada pernikahan yang syar'i, tidak terlalu hanya memikirkan kemawahan yang ada pada pesta namun juga memikirkan bagaimana pernikannya bisa berjalan dengan khidmat dan lancar. Bukan hanya itu, latar belakang yang menajadi dasar pernikahan adalah ibadah, maka dari itu pesta yang sangat meriah pun bukanlah hal yang di haruskan. Karena yang terpenting adalah bagaimana caranya agar segera sah bukan hanya 'wah' . Dengan begitu, pernikahan yang di langsungkan secara syar'i bisa di bilang tidak perlu menghamburkan banyak uang.

3. Pakaian Yang Terjaga
Seperti yang kita semua sudah tahu, bahwa saat resepsi atau saat aakad adalah acara yang mengharuskan prngantin terlihat sangat anggun. Namun, anggun saja tidak cukup, kita perlu memperhatikan adab-adab berpakaian dalam Islam. Terutama untuk pengantin perempuan yang merupakan muslimah, maka di wajibkan untuk menutup aurat. Hal ini jelas sangat penting apalagi bagi muslimah yang sehari-harinya sudah memakai hijab. Atau pun bagi perempuan yang hari-harinya belum memakai hijab, maka mudah-mudahan dengan melaksanakan pernikahan secara syar'i yang saat akad dan resepsinya mengenakan hijab, di harapkan sesudah acara pun jadi terbiasa untuk menutup aurat. Dan pada banyak keadaan, tamu-tamu yang datang ke acara resepsi pernikahan pun memakai  baju yang sesuai dengan style mereka, namun jika kita sudah memberitahu bahwa pernikahan akan di langsungkan dengan cara dan keadaan yang syar'i, ini bisa mempengaruhi tamu yang hadir untuk memperhatikan pakaiannya ketika datang ke acara pernikahan tersebut.

4. Meninggalkan Riasan-Riasan Yang di Haramkan
Point kali ini adalah point yang berkaitan dengan point sebelumnya, yang di tunjukan kepada penggantin wanita. Ya, riasan adalah hal yang selalu ada di dalam resepsi atau akad pernikahan, bukan hanya agr terlihat cantik namun bagi kebanyakan orang, riasan juga dapat membuat wanita yang meikah terlihat pangling atau sangat berbeda dari biasanya. Namun dalam hal ini, ada ke khawatiran yang sebaiknya di perhatikan oleh para penggantin wanita. Soal riasan bukanlah hal yang sepel, karen dalam Islam ada beberapa hiasan yang di haramkan oleh Islam,yaitu ;
 a) Mencukur Alis, agar terlihat rapih biasanya alis di cukur dan di rapihkan. Namun dalam Islam hal ini tidaklah di perbolehkan karena termasuk perbuatan mengubah ciptaan Allah. Adapun hadits yang menjelaskan tentang ini adalah : "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat wanita yang menghilangkan bulu alisnya dan yang minta di hilangkan bulu alisnya" (HR. Abu Dawud, dan terdapat hadits pendukung yang di riwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim)
 b) Memakai Bulu Mata Palsu, bulu mata palsu juga di golongkan menjadi perbuatan yang mengubah ciptaan Allah yaitu menambahkan rambut di bagian bulu mata.
 c) Memakai sanggul. Haditsnya adalah, Rasulullah s.a.w bersabda : "Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya yaitu kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzali) dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jarak jauh sekali)"(HR. Muslim)

5. Terhindar dari Ikhtilat
Masyarakat sudah terbiasa dengan ikhtilat atau bercampur baur antara laki-lai dan perempuan, maka pada pernikahan dengan konsep syar'i biasanya diberi hijab atau pembatas antara tamu laki-laki atau perempuan agar tidak bercampur baur di antara keduanya. Mungkin banyak orang yang belum terbiasa dengan hal ini. Namun, ini bisa menjadi pembiasaan di kalangan masyarakat luas khususnya bagi masyarakat yang sama sekali belum tau apa itu ikhtilat

6. Salah Satu Ladang Dakwah
mungkin banyak dari teman-teman atau tentangga si pengantin belum banyak yang tahu tentang Islam, atau tentang aturan Islam. Pada pernikahan dengan konsep syar'i seperti ini bisa menjadiladang dakwah untuk kedua pengantin menyebarkan aturan Islam di dalam pernikahan. Dengan cara ini semoga keluarga dan juga tamu-tamu bisa mengambil pelajaran dari konsep-konsep aturan Islam dan dapat mencontohnya di kemudian hari.

Tidak hanya bagi pengantin, namun bagi Event Organizer pun ini bisa menjadi ladang dakwah untuk menyebarkan ajaran Islam. Seperti yang di lakukan oleh www.oemar-eventplanner.com , Islamic event organizer ini di buat dengan tujuan berdakwah yang memberikan kemudahan bagi calon penggantin untuk melangsungkan proses akad atau resepsi pernikahan secara Islami dengan memperhatikan adab-adab dalam Islam.


pernikahan islami
pernikahan syar'i


Dengan biaya yang bisa di sesuaikan untuk customer, www.oemar-eventplanner.com pun berupaya membantu orang-orang yang ingin menyegarakan salah satu ibadah yang sangat di anjurkan ini. Busana yang syar'i serta riasan tanpa bulu mata palsu, konde rambut, juga cukur alis telah di terapkan agar customer merasa aman juga nyaman dalam melaksanakan pernikahan secara syar'i.

Kini, kita semua dapat merasakan indah dan berkahnya konsep pernikahan syar'i tanpa perlu bingung lagi harus kemana. Cukup dengan menghubungi 083807294768 (Cindy) , Islamic event organizer pun akan melayani sesuai dengan apa yang anda dan keluarga butuhkan. Semoga Allah meridhoi langkah kaki kita untuk terus berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi.

Ini lah beberapa hal penting mengapa pernikahan dengan konsep syar'i perlu menjadi pilihan.
Semoga membantu. Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernikahan syari menurut islam

Referensi Kado Bermanfaat Untuk Pernikahan Syar'i