Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Menikah

Kita semua tahu bahwa pernikahan adalah ibadah yang akan di jalankan seumur hidup. Maka dari itu persiapan yang di lakukan bukanlah hal yang sepele atau ringan, melainkan banyak persiapan yang harus dengan sangat matang di persiapkan. Bukan hanya persiapan yang di perhatikan sebelum melaksanakan resepsi atau walimatul ursy, namun juga persiapan dalam membangun rumah tangga yang sakinah mawadah warrahmah. Lalu apa saja hal yang harus di perhatikan sebelum menikah? Mari kita baca yang satu ini.

pernikahan syar'i bekasi
pernikahan syar'i


1. Pemahaman Ilmu Agama Yang Luas
Ilmu merupakan komponen yang sangat di perlukan dalam membangun rumah tangga, tanpa ilmu maka segala yang kita lkaukan akan di jalani tanpa dasar yang jelas. Terlebih lagi ilmu agama, urusan agama merupakan urusan yang sangat besar dan tidak main-main. Jika dalam sehari-hari saja kita harus punya ilmu agama, apalagi dalam masalah membangun rumah tangga. Maka, memahami ilmu agama, terutama dalam ilu pernikahan dan membangun rumah tangga adalah ha yang menjadi point pertama yang harus di perhatikan sebelum menikah.

2. Nafkah Yang Halal
Bagi para perempuan sangat baik apabila mencari tahu dahulu apakah calon pria yang akan menikah dengannya itu adalah orang yang giat bekerja atau tidak. Bukan masalah harus punya pekerjaan tetap, namun tetap bekerja untuk menghidupi anak dan istrinya kelak. Karena dalam perihal penafkahan, suami adalah yang berkewajiban untuk menafkahi, kalaupun istri ingin bekerja maka itu hanya sedikit bantuan bukan menjadi tulang punggung keluarga. Dalam hal mencari nafkah juga harus jelas bahwa itu adalah uang halal dan dari pekerjaan yang halal. Karena ini akan berpengaruh pada kelangsungan rumah tangga nanti.

3. Beraqidah Yang Lurus
Untuk beberapa orang, banyak yang masih mempunyai kepercayaan hari sial atau tanggal sial sehingga utnuk melaksanakan proses akad atau resepsi memerlukan perhitungan dengan kepercayaan seperti nenek moyangnya dahulu. Padahal jelas hal ini tidaklah ada dalam Islam. Maka dari itu beraqidah yang lurus adalah ha yang juga penting untuk dimiliki oleh dua orang yang akan menikah, lebih baik lagi apabila kedua keluarga pun memiliki aqidah yang lurus juga. Beberapa hal tidak perlu namun masih di percayai ketika akan melangsungkan pernikahan adalah: Memanggil pawang hujan, padahal kita tahu bahwa Allah yang Maha Kuasa menurunkan hujan, lalu menyajikan sesajen untuk almarhum di keluarga itu, dan mengikuti amalan-amalan primbon yang tidak ada hubungannya dengan Islam.

4.Visi Misi Yang Jelas
Visi misi dalam berumah tangga haruslah jelas sejak awal, ada yang hanya utnuk membangun keluarga yang bahagia dan makmur saja, namun kita sebagai umat muslim harus mempunya visi misi yang tidak hanya berguna utnuk di dunia namun juga di akhirat. Bukankah hal yang indah bila anda dan keluarga anda dapat berkumpul lagi di surga nanti? Maka dari itu, carilah pasangan yang mempunyai orientasi bukan hanya mimpi yang besar di dunia namun juga sampai ke surga.

5. Berlatih Menjadi Ibu dan Istri Yang Shaliha
Bagi perempuan, setelah menikah akan ada banyak sekali aktifitas yang baiknya sudah di persiapkan. Sebagai contoh, yaitu: belajar memasak, belajar membersihka rumah, belajar menyayangi anak kecil, belajar sabar dalam segala hal, dan lainnya. Bukan hanya hal teknis yang harus di persiapkan namun juga iman dan akhlak yang harus di persiapkan untuk membangun keluarga yang Rabbani.

Itulah beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum menikah. Jangan lupa juga saat resepsi berlangsung tidak boleh melanggar syariat-syariat islam, dari segi pakaian, acara, maupun riasan. Maka dari itu sebaiknya menggunakan Event Organizer yang Islami, seperti www.oemar-eventplanner.com (083807294768 - Ibu Cindy) yang akan memberikan anda solusi menikah dengan konsep islami namun dengan harga terjangkau dan syar'i.

Semoga artikel ini bermanfaat. Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Alasan Penting Mengapa Harus Memilih Pernikahan Syar'i

Pernikahan syari menurut islam

Referensi Kado Bermanfaat Untuk Pernikahan Syar'i