Manfaat Penting Pernikahan Menurut Islam

Hampir semua orang di dunia ini menginginkan adanya pernikahan di hidupnya, memang sebagian yang lain tidak terlalu memikirkan hal ini. Namun dalam Islam, pernikahan adalah sebuah ibadah yang sangat di anjurkan. Karena ibadah ini memerlukan waktu seumur hidup untu menjalaninya yang artinya, setia saat kita bisa mendapatkan pahala dari ibadah ini. Maka dari itu penting untuk di ketahui apa saja manfaat penting pernikahan menurut Islam. Karena dengan mengetahui manfaatnya, biasanya kita akan lebih bersemangat untuk melakukan suatu hal, termasuk pula pernikahan. Apa saja manfaatnya? Inilah beberapa manfaat dari pernikahan.

manfaat pernikahan
manfaat pernikahan


1. Menjaga Kehormatan dan Menundukan Pandangan
Kita tahu bahwa di zaman begitu banyak muda mudi yang tidak malu lagi untuk menjalani sebuah hubungan di luar ikatan pernikahan, yang biasa di kenal dengan sebutan 'pacaran'. Ya, pacaran kini telah meluas di masyarakat. Sedihnya lagi banyak yang usdah mengetahui bahwa hukum pacaran di dalam Islam adalah haram, namun tetap saja masih banyak yang menjalaninya. Maka dari itu, Islam memberikan solusi yang sangat baik bagi muda mudi yang sudah saling merasakan cinta, yaitu dengan menikah. Menikah dapat menjauhkan kita dari dosa zina juga dapat membantu kita untuk menundukan pandangan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Wahai generasi muda! Bila di antaramu sudah mampu menikah maka hendaklah ia nikah, karena mata akan lebih terjaga, kemaluan akan lebih terpelihara" (HR. Bukhari, Muslim, dan Ibnu Mas'ud)

2. Memperbanyak Jumlah Kaum
Menikah adalah satu-satunya jalan yang sah dan di ridhai untuk memperbanayak keturunan. Banyak keturunan bisa menjadi jalan kita untuk melahirkan generasi-generasi yang dapat menolong agama Allah. Maka dari itu menikah juga dapat di niatkan dalam rangka mempernyakan keturunan yang shalih dan shalihah yang kelak dapat memperjuangkan agama Islam.

3. Peluang Meraih Pahala Yang Tinggi
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa menikah adalah ibadah yang di lakukan seumur hidup. Maka dengan begitu peluang yang bisa kita dapatkan uang memperoleh pahala sangatlah besar. Hanya dengan mentaati suami, istri bisa mendapatkan pahala, atau dengan membersihkan rumah pula istri bisa dengan mudah mendapatkan pahala. Sama hal nya dengan suami yang bekerja keras pun akan mendapatkan pahala yang besar.

manfaat pernikahan dalam Islam
manfaat pernikahan dalam Islam


4.Membuka Pintu Rezeki
Sebelum kita bahas tentang point yang satu ini, baiknya kita perhatikan dulu hadits berikut.

Dari Aisyah r.a bahwasannya Rasulullah s.a.w bersabda : "Nikahilah olehmu kaum wanita itu, maka sesungguhnya mereka akan mendatangkan harta (rezeki) bagi kamu" (HR. Hakim dan abu Dawud)

Dari hadits di atas kita dapat mengetahui bahwa benar jika menikah itu dapat membuka pintu rezeki kita. Itulah yang di katakan oleh Rasulullah, maka dari itu banyak kita lihat orang-orang yang setelah menikah baru bisa mendapatkan rumah, mobil, atau kekayaan lainnya.

5.Memperbaiki Akhlak
Islam adalah agama yang sangat memperhatikan akhlak. Begitu banyak aturan dalam Islam yang berguna untuk menjadikan kita manusia yang berakhlak baik. Dari segi sopan santun, adab berkata, dan lainnyasudah di atur dalam Islam. Maka dengan menikah, suami dapat membantu istrinya untuk memperbaiki akhlak kesehariaannya, begitu pula dengan istri yang dapat membantu suami untuk berakhlak baik dengan mencontoh akhlak Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

manfaat dari pernikahan
manfaat pernikahan


Kini kita tidak perlu lagi bingung untuk mengurusi semua acara pada saat resepsi atau akad, karena telah hadir wedding organizer islami yang akan mambantu kita untuk melaksanakan hari istimewa dengan konsep yang sesuai dengan syari'at. Namanya adala Oemar Event Planner atau bisa klik www.oemar-eventplanner.com ( 083807294768 - Ibu Cindy) dengan harga yang terjangkau kami akan membantu hari istimewa anda semakin istimewa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Alasan Penting Mengapa Harus Memilih Pernikahan Syar'i

Pernikahan syari menurut islam

Referensi Kado Bermanfaat Untuk Pernikahan Syar'i